HADITS 130 DARI KITAB TAUDHIHUL AHKAAM

وَعَنْ رَافِعِ بْنِ خَدِيجٍ قَالَ: ( كُنَّا نُصَلِّي اَلْمَغْرِبَ مَعَ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَيَنْصَرِفُ أَحَدُنَا وَإِنَّهُ لَيُبْصِرُ مَوَاقِعَ نَبْلِهِ )  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

  1. Dari Rafi’ bin Khadiij, dia berkata, “Sesungguhnya kami pernah melakukan shalat Maghrib bersama Rasullah, lalu salah seorang dari kami berpaling dan sesungguhnya dia benar-benar melihat tempat-tempat jatuhnya anak panahnya- (HR. Muttafaq ‘Alaih).

Kosakata hadits

Mawaaqi: Jamak dari Mauqi’ artinya tempat jatuhnya anak panah.

Nablihi: Nabl artinya anak panah. Dia berbentuk muannats dan jamaknya adalah nabal atau anbal. Kata ini tidak memiliki bentuk tunggal.

Hal-hal penting dari hadits

  1. Disunnahkan mempercepat sholat Magrib di awal waktu dimana seseorang pulang setelah melaksanakannya sedang cahaya matahari masih ada. Sunnah mempercepat pelaksanaan shalat Maghrib berdasarkan kesepakatan ulama. Ini dikatakan oleh Syaikh Taqiyuddin.
  2. Yang dimaksud dengan tenggelam di sini adalah tenggelamnya seluruh bulatan matahari sehingga tidak bisa dilihat sama sekali. Dan ijma’ ulama dinukil dalam hal ini berdasarkan hadits Bukhari dan Muslim, bahwa sesungguhnya Nabi melakukan shalat Maghrib apabila matahari telah tenggelam.
  3. Waktu maghrib terus berlangsung sampai hilangnya mega merah ini adalah pendapat dari tiga ulama, Abu Hanifah, Syafi’i dan Ahmad.

An-Nawawi berkata, “Ini adalah pendapat yang benar. Hal tersebut berdasarkan riwayat lmam Muslim dan yang lainnya dari lbnu Umar, dia berkata Rasulullah bersabda,

وقت المغرب ما لم يسقط نور الشفق

“Waktu maghrib selama belum lenyap cahaya mega merah”.

Dan berdasarkan riwayat Ad-Daruquthni dari Ibnu Umar sesunggulmya Nabi Muhammad bersabda,

الشفق الحمرة فإذا غاب وجبت الصلاة

“Mega merah, apabila hilang, maka shalat (maghrib) menjadi wajib”.

Iyadh berkata: Mega Merah yang ada di langit setelah matahari tenggelam, adalah sisa sengatan matahari. Ini adalah pendapat para ahli bahasa dan para ahli fikih dari Hijaz.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *